Mengelola File (Menggabungkan Dua Dokumen atau Lebih)
Untuk mempercepat pengetikan yang sangat banyak, konsep yang akan diketik biasanya dibagikan terlebih dahulu ke beberapa orang untuk diketik dengan nama dokumen atau file yang berlainan
misalnya KARYA TULIS 1, KARYA TULIS 2, KARYA TULIS 3, dan seterusnya. Setelah semuanya selesai maka dilakukanlah penggabungan dokumen tersebut dengan langkah sebagai berikut.
a. Buka file KARYA TULIS 1.
b. Letakkan kursor di mana awal paragraf file selanjutnya (KARYA TULIS 2) akan diletakkan.
c. Klik menu Insert - File… Selanjutnya, muncul kotak dialog Insert File.
d. Pilih dan klik nama file.
e. Klik Insert pada tanda panah kecil tombol Insert.
f. Seluruh teks file KARYA TULIS 2 akan tergabung. Demikian seterusnya.
Membuat dan Menghapus Header dan Footer
Header dan Footer adalah catatan atau teks yang ditambahkan pada setiap halaman dokumen.
Header (judul atas) berada pada bagian atas setiap halaman. Sedangkan Footer (catatan kaki), berada pada bagian bawah setiap halaman. Untuk membuat Header dan Footer dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut.
a. Klik menu View - Header and Footer sehingga muncul kotak teks Header dan Footer.
b. Ketik catatan pada Header atau Footer yang diinginkan maka secara otomatis setiap
halaman tercantum catatan Header dan Footer.
Menghapus Header dan Footer
Untuk menghapus Header dan Footer dapat dilakukan dengan langkah:
a. Klik kembali menu View - Header and Footer sehingga tanda cek (betul) Header and Footer hilang.
b. Setelah kotak teks Header and Footer muncul, hapuslah catatan yang diinginkan.
c. Catatan yang dihapus secara otomatis hilang pada setiap halaman dokumen.
Thursday, June 12, 2014
Wednesday, June 11, 2014
Menyalin dan Menyimpan Data di CD
Untuk dapat menyalin data ke CD atau DVD, komputer kamu harus sudah terpasang CD/DVD
Writer dan perangkat lunak untuk menyalin data ke CD/DVD, misalnya Nero.
Cara menyalin data ke CD sebagai berikut:
a. Masukkan CD kosong pada CD/DVD Writer.
b. Klik ganda ikon Nero yang terdapat pada dekstop.
c. Klik ikon Data lalu klik Make Data CD, hingga tampil kotak dialog berikut.
d. Klik tombol Add, muncul kotak dialog berikut:
e. Pilih folder atau file yang akan disalin, lalu klik Add (untuk menambahkan lagi file) atau Finish
(apabila semua file yang akan kamu salin sudah terpenuhi). Klik Next
f. Pada kotak dialog berikut, ubahlah nama disc apabila diperlukan, lalu klik Next
g. Klik tombol Burn, maka proses penyalinan segera berjalan
h. Tunggu hingga tampil kotak dialog berikut
i. Klik OK dan Next serta Exit
j. Data file sudah tersalin pada CD.
Writer dan perangkat lunak untuk menyalin data ke CD/DVD, misalnya Nero.
Cara menyalin data ke CD sebagai berikut:
a. Masukkan CD kosong pada CD/DVD Writer.
b. Klik ganda ikon Nero yang terdapat pada dekstop.
d. Klik tombol Add, muncul kotak dialog berikut:
e. Pilih folder atau file yang akan disalin, lalu klik Add (untuk menambahkan lagi file) atau Finish
(apabila semua file yang akan kamu salin sudah terpenuhi). Klik Next
f. Pada kotak dialog berikut, ubahlah nama disc apabila diperlukan, lalu klik Next
h. Tunggu hingga tampil kotak dialog berikut
j. Data file sudah tersalin pada CD.
Tipe atau Jenis File
Ada beberapa jenis file yang terdapat pada program aplikasi di bawah sistem operasi Windows. Jenis file bermacam-macam mulai dari jenis file di bawah DOS hingga Windows.Mulai dari jenis dokumen hingga multimedia. Di antaranya adalah:
a. DocumentsDocuments adalah jenis file yang dibuat dengan program pengolah kata, misalnya Microsoft Word. File dalam kelompok ini berakhiran (ekstension) DOC pada sistem operasi DOS. Misalnya,
Belajar.DOC, Latihan.DOC, dan lain-lain.
b. Workbooks
Workbooks adalah jenis file yang dibuat dengan program pengolah angka, misalnya Microsoft Excel. File dalam kelompok ini berakhiran (ekstension) XLS pada sistem operasi DOS. Misalnya,
Hitung.XLS, Faktur.XLS, dan lain-lain.
c. Web Pages
Web Pages adalah jenis file pengolah desain website yang digunakan untuk tampilan halaman website, misalnya Microsoft FrontPage. Salah satu File dalam kelompok ini berakhiran (ekstension)
HTM pada sistem operasi DOS.
d. Presentations
Presentations adalah jenis file pengolah disain presentasi yang digunakan untuk tampilan halaman website, misalnya Microsoft FrontPage. Salah satu File ini dalam kelompok berakhiran
(ekstension) PPT pada sistem operasi DOS.
e. Database
Database adalah jenis file yang dibuat dengan program pengolah data, misalnya Microsoft Access. File jenis ini berakhiran (ekstension) MDB pada sistem operasi DOS.
a. DocumentsDocuments adalah jenis file yang dibuat dengan program pengolah kata, misalnya Microsoft Word. File dalam kelompok ini berakhiran (ekstension) DOC pada sistem operasi DOS. Misalnya,
Belajar.DOC, Latihan.DOC, dan lain-lain.
b. Workbooks
Workbooks adalah jenis file yang dibuat dengan program pengolah angka, misalnya Microsoft Excel. File dalam kelompok ini berakhiran (ekstension) XLS pada sistem operasi DOS. Misalnya,
Hitung.XLS, Faktur.XLS, dan lain-lain.
c. Web Pages
Web Pages adalah jenis file pengolah desain website yang digunakan untuk tampilan halaman website, misalnya Microsoft FrontPage. Salah satu File dalam kelompok ini berakhiran (ekstension)
HTM pada sistem operasi DOS.
d. Presentations
Presentations adalah jenis file pengolah disain presentasi yang digunakan untuk tampilan halaman website, misalnya Microsoft FrontPage. Salah satu File ini dalam kelompok berakhiran
(ekstension) PPT pada sistem operasi DOS.
e. Database
Database adalah jenis file yang dibuat dengan program pengolah data, misalnya Microsoft Access. File jenis ini berakhiran (ekstension) MDB pada sistem operasi DOS.
Memilih Model Keyboard dan Mouse yang Baik
Selain kompatibilitas, hendaklah dalam memilih keyboard kita memerhatikan kriteria sebagai berikut:
a. Panjang papan atau kord tidak terlalu panjang agar jari tangan dapat menjangkau setiap
tombol pada keyboard dengan mudah.
b. Jarak antara setiap tombol tidak terlalu rapat agar jari tangan lebih leluasa saat menekan tombol.
c. Penempatan dan ukuran tombol tidak terlalu kecil, mengingat tombol Enter sering digunakan.
Berikut ini kriteria dalam memilih mouse yaitu sebagai berikut:
a. Ukuran mouse harus sesuai dengan jari dan tangan.
b. Adanya penempatan dan ukuran tombol pada mouse yang nyaman.
c. Adanya tambahan fasilitas lain, seperti roda penggulung layar dan sebagainya
Apabila kita salah dalam memilih keyboard dan mouse maka dapat mengakibatkan Repetitive stress injury (ketegangan atau stres). Selain itu, dapat pula mengakibatkan carpal tunnel syndrome (rasa sakit karena tendon lengan dipakai secara berlebihan hingga bengkak dan sakit). Dalam beberapa kasus, rasa sakit itu dapat berlangsung beberapa bulan bahkan diperlukan pembedahan.
Untuk menghindari akibat yang tidak diinginkan, maka dalam menggunakan keyboard dan mouse disarankan melakukan hal-hal berikut ini.
a. Saat bekerja dengan komputer hendaklah diimbangi dengan istirahat ringan. Istirahat ringan
dapat mengurangi ketegangan dan kelelahan.
b. Mengistirahatkan lengan dan pergelangan tangan beberapa menit, seperti menggoyangkan
tangan dan pergelangan.
c. Berkonsultasi dengan dokter jika terjadi gangguan kesehatan baik lengan maupun pergelangan.
Fungsi dan Contoh Periferal Masukan (Input Device)
Periferal masukan atau input device adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan
data/instruksi ke dalam CPU (central processing unit) komputer sebagai perangkat pemrosesan komputer. Perangkat yang termasuk ke dalam periferal masukan di antaranya sebagai berikut:
a. Keyboard
Keyboard adalah alat yang berfungsi untuk memasukkan data/instruksi berupa kode-kode ke
komputer melalui penekanan tombol-tombol (tuts). Ketika menekan salah satu tombol maka sinyal
listrik dikirim ke komputer. Sinyal tersebut akan diterjemahkan sebagai nilai biner. Nilai inilah yang
akan dikonversikan dan akan disimpan pada RAM komputer kemudian akan dimunculkan pada layar.
b. Mouse
Mouse berfungsi untuk mengatur posisi kursor pada layar monitor, menggeser gambar (image),
memilih dan menjalankan menu atau ikon.
Cara kerja mouse adalah bola karet mouse yang menyentuh permukaan akan bergerak saat
mouse digerakkan. Bola tersebut akan menggeser kedua batang roda. Batang roda yang satu akan
mewakili gerakan mouse secara vertikal (arah x), sedangkan batang roda lainnya akan mewakili
gerakan mouse secara horizontal (arah y) dalam software driver mouse. Nilai inilah yang akan
menjadi ukuran gerakan kursor pada layar monitor.
c. Joystick
Joystick merupakan alat masukan yang berfungsi membaca data dengan media mekanis.
Joystick digunakan sebagai alat bantu dalam program permainan komputer. Alat ini pada dasarnya
memiliki sebuah tongkat yang dapat digerakkan hingga 360o. Dengan menggerakkan tongkat tersebut
maka akan keluar sinyal pada komputer sesuai dengan gerakan tongkat tersebut. Gerakan inilah
yang akan ditampilkan pada layar monitor.
d. Scanner
Scanner adalah alat yang berfungsi untuk memasukkan gambar (image) atau teks pada selembar
kertas ke dalam komputer, dan akan ditampilkan pada layar komputer. Scanner sering digunakan orang untuk mengopi sebuah gambar dalam bentuk foto atau gambar jadi lainnya ke dalam komputer. Hal ini dilakukan agar kamu tidak perlu repot-repot untuk membuat sebuah gambar atau teks. Merek-merek Scanner yang sudah banyak beredar di pasaran, antara lain: Umax, Epson, Microtec, dan lain-lain.
e. Lightpen
Lightpen, berfungsi untuk memasukkan data berupa teks atau gambar secara langsung pada
layar monitor, dan akan disimpan pada sebuah komputer. Alat ini berbentuk seperti pena yang
memancarkan sinar. Alat ini dilengkapi sebuah kabel yang akan dihubungkan pada monitor khusus
yang mempunyai kabel penghubung dengan lightpen. Program komputer yang digunakan adalah
CAM (Computer Aided Manufacturing). Apabila ujung lightpen didekatkan pada layar monitor khusus dan digerak-gerakan untuk membuat teks atau gambar, maka pada monitor akan tampil teks atau gambar tersebut. Kemudian gambar atau teks akan disimpan oleh program komputer pada komputer.
f. Kamera digital
Alat ini digunakan untuk mengambil sebuah objek. Kamera ini tidak menggunakan roll film sebagaimana layaknya kamera yang kamu kenal selama ini. Salah satu program komputer yang dapat mengolah foto atau gambar yang dihasilkan oleh kamera adalah Adobe Photoshop.
data/instruksi ke dalam CPU (central processing unit) komputer sebagai perangkat pemrosesan komputer. Perangkat yang termasuk ke dalam periferal masukan di antaranya sebagai berikut:
a. Keyboard
Keyboard adalah alat yang berfungsi untuk memasukkan data/instruksi berupa kode-kode ke
komputer melalui penekanan tombol-tombol (tuts). Ketika menekan salah satu tombol maka sinyal
listrik dikirim ke komputer. Sinyal tersebut akan diterjemahkan sebagai nilai biner. Nilai inilah yang
akan dikonversikan dan akan disimpan pada RAM komputer kemudian akan dimunculkan pada layar.
b. Mouse
Mouse berfungsi untuk mengatur posisi kursor pada layar monitor, menggeser gambar (image),
memilih dan menjalankan menu atau ikon.
Cara kerja mouse adalah bola karet mouse yang menyentuh permukaan akan bergerak saat
mouse digerakkan. Bola tersebut akan menggeser kedua batang roda. Batang roda yang satu akan
mewakili gerakan mouse secara vertikal (arah x), sedangkan batang roda lainnya akan mewakili
gerakan mouse secara horizontal (arah y) dalam software driver mouse. Nilai inilah yang akan
menjadi ukuran gerakan kursor pada layar monitor.
c. Joystick
Joystick merupakan alat masukan yang berfungsi membaca data dengan media mekanis.
Joystick digunakan sebagai alat bantu dalam program permainan komputer. Alat ini pada dasarnya
memiliki sebuah tongkat yang dapat digerakkan hingga 360o. Dengan menggerakkan tongkat tersebut
maka akan keluar sinyal pada komputer sesuai dengan gerakan tongkat tersebut. Gerakan inilah
yang akan ditampilkan pada layar monitor.
d. Scanner
Scanner adalah alat yang berfungsi untuk memasukkan gambar (image) atau teks pada selembar
kertas ke dalam komputer, dan akan ditampilkan pada layar komputer. Scanner sering digunakan orang untuk mengopi sebuah gambar dalam bentuk foto atau gambar jadi lainnya ke dalam komputer. Hal ini dilakukan agar kamu tidak perlu repot-repot untuk membuat sebuah gambar atau teks. Merek-merek Scanner yang sudah banyak beredar di pasaran, antara lain: Umax, Epson, Microtec, dan lain-lain.
e. Lightpen
Lightpen, berfungsi untuk memasukkan data berupa teks atau gambar secara langsung pada
layar monitor, dan akan disimpan pada sebuah komputer. Alat ini berbentuk seperti pena yang
memancarkan sinar. Alat ini dilengkapi sebuah kabel yang akan dihubungkan pada monitor khusus
yang mempunyai kabel penghubung dengan lightpen. Program komputer yang digunakan adalah
CAM (Computer Aided Manufacturing). Apabila ujung lightpen didekatkan pada layar monitor khusus dan digerak-gerakan untuk membuat teks atau gambar, maka pada monitor akan tampil teks atau gambar tersebut. Kemudian gambar atau teks akan disimpan oleh program komputer pada komputer.
f. Kamera digital
Alat ini digunakan untuk mengambil sebuah objek. Kamera ini tidak menggunakan roll film sebagaimana layaknya kamera yang kamu kenal selama ini. Salah satu program komputer yang dapat mengolah foto atau gambar yang dihasilkan oleh kamera adalah Adobe Photoshop.
Sejarah, Fungsi, dan Cara Kerja Televisi
Televisi adalah sebuah peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang dapat menangkap
siaran bergambar. Kata ’televisi’ berasal dari kata ’tele’ yang berarti jauh dan ’vision’ yang berarti
melihat. Jadi, televisi berarti melihat dari jarak jauh. Penemuan televisi melibatkan banyak pihak, baik perorangan maupun badan usaha. Namun, awalnya televisi didasari oleh penemuan gelombang elektromagnetik oleh Joseph Henry dan Michael Faraday (1831) yang memulai era komunikasi elektronik. Pada tahun 1876, George Carey menciptakan selenium camera yang digambarkan dapat membuat seseorang melihat gelombang listrik. Belakangan, Eugen Goldstein menyebut tembakan gelombang sinar dalam tabung hampa itu sebagai sinar katoda. Pada tahun 1884, Paul Nipkov, ilmuwan Jerman, berhasil mengirim gambar elektronik menggunakan kepingan logam yang disebut teleskop elektrik dengan resolusi 18 garis.
Kemudian pada tahun 1888, Freidrich Reinitzeer, ahli botani Austria, menemukan cairan kristal
(liquid crystals), yang kelak menjadi bahan baku pembuatan LCD. Namun, LCD baru dikembangkan
sebagai layar 60 tahun kemudian. Selanjutnya tabung sinar katoda (CRT) pertama diciptakan ilmuwan Jerman, Karl Ferdinand Braun pada tahun 1897. Ia membuat CRT dengan layar berpendar ketika terkena sinar. Inilah yang menjadi dasar pembuatan televisi layar tabung.
Istilah ’televisi’ pertama kali dikemukakan oleh Constatin Perskyl dari Rusia pada acara International
Congress of Electricity yang pertama dalam pameran teknologi dunia di Paris pada tahun 1900. Selanjutnya selama abad 20 televisi telah berkembang dengan berbagai model dan fasilitas,
antara lain:
a. Televisi digital (digital television, DTV)
b. TV resolusi tinggi (high definition TV, HDTV)
c. Direct broadcast satellite TV (DBS)
d. Televisi internet
e. TV Web
f. DVD
g. LCD dan plasma display TV layar Datar
Monday, June 9, 2014
Setting Mouse
Setting Mouse
Penggunaan mouse dapat kita atur konfigurasinya, seperti mengatur cepat lambatnya pergerakan penunjuk mouse, mengatur cepat lambatnya penekanan tombol double click, mengatur penggunaan penekanan tombol mouse (penekanan tombol mouse kiri atau kanan), dan mengatur bentuk penunjuk mouse. Langkah-langkah untuk mengatur konfigurasi penggunaan mouse adalah
sebagai berikut.
a. Klik tombol Start > Setting.
b. Klik tombol Control Panel.
c. Klik pada pilihan mouse.
d. Klik tabulasi button, atur dan isilah pada pilihan sebagai berikut.
1) Switch primary and secondary button, untuk memilih penekanan tombol
pada mouse apakah klik kiri atau kanan.
2) Double click speed, digunakan untuk mengatur cepat atau lambatnya penekanan double click.
Cara pengaturannya adalah geser kotak segitiga pada bagian speed ke kiri untuk memperlambat
dan ke kanan untuk mempercepat.
3) Turn On Click Lock, yaitu mengunci penekanan mouse pada saat Anda menggeser
(men-drag) mouse tersebut.
e. Klik tombol Pointer.
Pada pilihan Customize, pilihlah salah satu bentuk penunjuk yang And inginkan.
f. Klik tombol OK.
g. Klik tombol Pointer Option,
h. Submenu pada Pointer Option adalah sebagai berikut.
1) Motion, untuk mengatur cepat atau lambat pergerakan mouse, geser kotak segitiga ke
kiri untuk memperlambat dan ke kanan untuk mempercepat pergerakan mouse.
2) Snap To, klik pada kotak Automatically move pointer to the default buttons in a dialog
box yaitu untuk mengatur default penunjuk mouse secara otomatis pada setiap kotak dialog.
3) Display pointer trail, untuk mengatur dan menambah bayangan pada penunjuk mouse pada
saat digerakkan.
4) Hidepointer while typing, untuk menyembunyikan penunjuk mouse pada saat Anda
melakukan pengetikan.
5) Show location of pointer when I press the CTRL key, untuk menampilkan letak penunjuk
mouse pada saat Anda menekan tombol CTRL.
i. Klik OK untuk menutup kotak dialog tersebut.
Penggunaan mouse dapat kita atur konfigurasinya, seperti mengatur cepat lambatnya pergerakan penunjuk mouse, mengatur cepat lambatnya penekanan tombol double click, mengatur penggunaan penekanan tombol mouse (penekanan tombol mouse kiri atau kanan), dan mengatur bentuk penunjuk mouse. Langkah-langkah untuk mengatur konfigurasi penggunaan mouse adalah
sebagai berikut.
a. Klik tombol Start > Setting.
b. Klik tombol Control Panel.
c. Klik pada pilihan mouse.
d. Klik tabulasi button, atur dan isilah pada pilihan sebagai berikut.
1) Switch primary and secondary button, untuk memilih penekanan tombol
pada mouse apakah klik kiri atau kanan.
2) Double click speed, digunakan untuk mengatur cepat atau lambatnya penekanan double click.
Cara pengaturannya adalah geser kotak segitiga pada bagian speed ke kiri untuk memperlambat
dan ke kanan untuk mempercepat.
3) Turn On Click Lock, yaitu mengunci penekanan mouse pada saat Anda menggeser
(men-drag) mouse tersebut.
e. Klik tombol Pointer.
Pada pilihan Customize, pilihlah salah satu bentuk penunjuk yang And inginkan.
f. Klik tombol OK.
g. Klik tombol Pointer Option,
h. Submenu pada Pointer Option adalah sebagai berikut.
1) Motion, untuk mengatur cepat atau lambat pergerakan mouse, geser kotak segitiga ke
kiri untuk memperlambat dan ke kanan untuk mempercepat pergerakan mouse.
2) Snap To, klik pada kotak Automatically move pointer to the default buttons in a dialog
box yaitu untuk mengatur default penunjuk mouse secara otomatis pada setiap kotak dialog.
3) Display pointer trail, untuk mengatur dan menambah bayangan pada penunjuk mouse pada
saat digerakkan.
4) Hidepointer while typing, untuk menyembunyikan penunjuk mouse pada saat Anda
melakukan pengetikan.
5) Show location of pointer when I press the CTRL key, untuk menampilkan letak penunjuk
mouse pada saat Anda menekan tombol CTRL.
i. Klik OK untuk menutup kotak dialog tersebut.
Subscribe to:
Posts (Atom)