Monday, June 9, 2014

pengertian Perangkat keras komunikasi data

Perangkat keras komunikasi data
Dalam sistem komunikasi data diperlukan beberapa perangkat keras dan lunak yang diperlukan untuk memperlancar proses pengiriman data. Komponen transmisi tersebut berupa saluran komunikasi yang merupakan media yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal listrik yang menyatakan data, misalnya satelit, sinyal radio, atau jaringan telepon, serta perangkat keras berupa modem, atau modulator demodulator. Pada subbab ini dikhususkan pada pembahasan modem. Umumnya jalur transmisi akan menyalurkan data dalam bentuk data analog, sedangkan data yang dihasilkan oleh sumber pengirim berbentuk data digital. Untuk kepentingan translate sinyal tersebut diperlukan modem. Modem atau modulator demodulator berfungsi untuk mengubah sebuah sinyal digital menjadi sinyal analog (sinyal suara) dan mengubah sinyal analog (sinyal suara) menjadi sinyal digital.

Data yang sudah diubah ke bentuk analog oleh modem kemudian ditransmisikan lewat jalur transmisi dan diterima oleh modem kedua yang mengubah kembali dari bentuk analog menjadi bentuk digital. Jadi, modem yang pertama yang ada di sumber pengirim berfungsi sebagai pengubah (modulate) dari bentuk digital ke bentuk analog. Sedangkan modem kedua yang berada di penerima berfungsi untuk mengembalikan (demodulate) dari bentuk analog menjadi bentuk digital. Berdasarkan cara kerja tersebut modem dapat membuat dua buah komputer dapat berkomunikasi satu sama lain melalui kabel telepon.

Proses transmisi data juga dapat mengunakan acoustic coupler, namun jika menggunakan peralatan ini pemakai komputer harus memutar nomor telepon tujuan dan meletakkan gagang pesawat telepon pada acoustic coupler. Sementara itu, modem dapat memutarkan nomor telepon tujuan secara otomatis.

Kecepatan modem mentransfer data diukur dengan satuan bit per second (bps) atau bit per detik. Saat ini, umumnya kecepatan transfer data modem yang terdapat di pasaran adalah 56 kbps. Ini berarti modem tersebut dapat mentransfer data sebesar 56 kilobit setiap detiknya. Semakin tinggi angka kbps pada modem, maka semakin cepat modem tersebut mengirim dan menerima data. Berarti semakin baik dan cepat untuk digunakan mengakses internet.

No comments:

Post a Comment