Saturday, April 26, 2014

Akses dan Manipulasi Basis Data dengan Visual Basic

Akses dan Manipulasi Basis Data dengan Visual Basic
Salah satu keunggulan Visual Basic dibandingkan dengan Bahasa pemrograman yang lain, adalah kemampuan dalam akse dan manipulasi data. Hal ini karena Visual Basic dikembangkan oleh Microsoft yang juga membuat sistem operasi Windows. Sehingga fungsi-fungsi basis data mendapat dukungan yang sangat lengkap. Visual Basic menyediakan beragam cara untuk mengakses dan
memanipulasi data. Perhatikan diagram pada gambar berikut ini.


 ODBC
ODBC singkatan dari Open Data Base Connectivity. Merupakan sekumpulan fungsi yang membolehkan kita untuk koneksi pada basis data lokal atau yang berada di jaringan. Biasanya ODBC digunakan untuk mengakses berbagai tipe basis data antara lain, MS FoxPro, MS Access, MS SQL Serve, Oracle atau bahka data yang tersimpan dalam bentuk file data.

DAO
DAO atau Data Access Object adalah antarmuka dari Microsoft Jet, perangkat utama penggerak MS Access. Kita dapat membuat basis data dengan MS Access kemudian kita manipulasi dengan Visual Basic melalui DAO dengan mudah. Karena DAO langsung berhubungan dengan MS Access, maka
kita dapat menggunakan fungsi-fungsi DBMS dari Visual Basic.

OLE DB
OLE DB adlah teknologi untuk mengakses basis data level dasar yang sebenarnya dimaksudkan untuk menggantikan fungsi ODBC. Namun dalam perkembangannya ODBC dan OLE DB memiliki perbedaan, yaitu OLE DB berbasis pada teknologi COM dan dapat digunakan untuk mengakses basis data yang bukan bersifat relasional.

ADO
ADO (ActiveX Data Object) adalah antarmuka level atas dari OLE DB. ADO dikembangkan di atas OLE DB untuk melengkapi fungsi-fungsi yang tidak dimiliki oleh OLE DB sehingga memudahkan programmer dalam membuat aplikasi.

No comments:

Post a Comment